Cegah Penyebaran Radikalisme, BNPT Beri Pemahaman Ketahanan Nasional Bagi Ribuan Guru di DKI

Cegah Penyebaran Radikalisme, BNPT Beri Pemahaman Ketahanan Nasional Bagi Ribuan Guru di DKI

- in NASIONAL
cegah penyebaran radikalisme

IndonesiaVoice.com | Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memberikan pemahaman terkait ketahanan ideologi nasional bagi ribuan guru di DKI Jakarta guna mencegah penyebaran radikalisme.

“Kita harus mewaspadai akan adanya transnasional ideologi terutama intoleransi radikalisme yang bertentangan dengan jati diri bangsa,” kata Kepala BNPT Komisaris Jenderal Pol Boy Rafli Amar di Jakarta, Selasa (23/8/2022) seperti dilansir Antara.com.

BNPT bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan bagi guru bertema “Merajut Kebhinekaan Dalam Rangka Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa”.

Baca juga: MUI Jabar: Pemerintah Tindak Tegas LGBT





Boy menyatakan, guru merupakan elemen penting dalam mencegah penyebaran ideologi radikal karena guru mengajarkan pelajar menjadi anak bangsa yang cinta Tanah Air dengan menjunjung tinggi nilai Pancasila dan Kebhinekaan.

Untuk mencegah tumbuh kembangnya radikalisme di lingkungan sekolah, Boy menuturkan, sekolah dan guru memperkuat pemahaman ketahanan nasional, revitalisasi nilai Pancasila dan moderasi beragama.

“Hal ini untuk menghadapi tantangan akan adanya ekspansi ideologi transnasional di tengah perkembangan teknologi,” ujar jenderal polisi bintang tiga itu.

Baca juga: Mentuhankan Isteri, Aliran Kepercayaan Baru di NTT ini Dianggap Menyimpang





Boy juga memaparkan perkembangan terorisme secara global dan regional serta langkah pencegahan untuk memberikan gambaran kepada Dinas Pendidikan DKI Jakarta sehingga dapat menentukan langkah preventif dalam sinergi penanggulangan radikalisme terorisme di lingkungan pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) DKI Jakarta Nahdiana mendukung langkah BNPT mengantisipasi penyebaran radikalisme di lingkungan pendidikan.

Nahdiana mengajak para guru untuk meningkatkan kapabilitas dalam penanaman nilai Pancasila dan rasa cinta Tanah Air terhadap anak didik.

Baca juga: Aliran Kepercayaan Tim Doa Alfa Omega Dilarang beribadah





“Saya berharap kita dapat meningkatkan kapabilitas diri kita dalam menyertai kehidupan anak-anak kita yang toleran, menghargai perbedaan agar muncul suasana kehidupan berbangsa yang damai,” ujar Nahdiana.

(Victor Sibarani)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

Puncak Acara Bulan Kebudayaan Batak Toba dan Pra Kongres I Kebudayaan Batak Toba, digelar Pagelaran Musik dan Fashion Show 

IndonesiaVoice.com | Puncak acara Bulan Kebudayaan Batak Toba