Satu Kompi Yonif Para Raider 502 Gabung Satgas Tinombala Tumpas Kelompok Mujahiddin Indonesia Timur

“Ada satu kompi dari satuan Yonif Para Raider 502 yang ikut bergabung operasi Tinombala. Mereka masih bertugas disana sampai saat ini. Kiranya operasi disana berlangsung sukses dan berhasil,”

Satu Kompi Yonif Para Raider 502 Gabung Satgas Tinombala Tumpas Kelompok Mujahiddin Indonesia Timur
Komandan Brigade Infanteri (Brigif) Para Raider 18/Trisula Kol Inf Hadi Al Jufri (tengah) memberikan keterangan kepada para awak media

Komandan Brigade Infanteri (Brigif) Para Raider 18/Trisula Kol Inf Hadi Al Jufri menyatakan sebanyak satu kompi Yonif Para Raider (PR) 502 turut serta dalam operasi Tinombala yang bertugas menumpas Kelompok Mujahiddin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora.

“Ada satu kompi dari satuan Yonif Para Raider 502 yang ikut bergabung operasi Tinombala. Mereka masih bertugas disana sampai saat ini. Kiranya operasi disana berlangsung sukses dan berhasil,” kata Kol Inf Hadi Al Jufri kepada para wartawan yang ikut rombongan Dinas Penerangan AD (Dispenad) di Markas Brigif Para Raider 18/Trisula, di Jabung, Malang, Jawa Timur, Jumat (4/12).

Kemampuan Yonif Para Raider 502

Lebih jauh Hadi Al jufri menjelaskan pasukan Yonif PR 502 dalam menjalankan tugasnya punya kemampuan untuk mencari, mendekati dan menghancurkan musuh.

 

Pasukan Yonif Raider 502 sedang Latihan Perang Hutan (Jungle War)
Pasukan Yonif Raider 502 sedang Latihan Perang Hutan (Jungle War)

“Ada dua kemampuan unggul yang dimiliki Yonif PR 502. Pertama, kemampuan lintas udara. Kedua, kemampuan raider. Kemampuan lintas udara adalah kemampuan taktik seorang prajurit untuk melakukan pemindahan melalui udara dengan cara diterjunkan untuk merebut sasaran taktis dan strategis. Sedangkan kemampuan raider itu kemampuan taktik seorang prajurit yang bersifat spesifik. Jadi satuan batalyon ini punya kemampuan dua unggulan yakni baik taktis maupun strategis,” urai dia.

Prajurit Yonif Para Raider 502 sedang latihan rapling dan free fall
Prajurit Yonif Para Raider 502 sedang latihan rapling dan free fall

Menurut Hadi, pasukan Yonif PR 502 telah banyak melakukan penugasan baik di dalam dan negeri. Diantaranya, penugasan ke Papua dan Tinombala. Bahkan, tahun lalu pasukan ini juga baru pulang dari penugasan pasukan perdamaian dunia PBB di Lebanon selama 12 tahun.


Baca juga:

Aksi Heroik Prajurit Makorem 083 Malang, Mulai Bantu Anak Difabel sampai Kembangkan Kopi Robusta

“Jadi Batalyon Yonif PR 502 ini sudah sangat tua dan kenyang akan pengalaman. Alhamdulillah, selama penugasan Yonif PR 502 selalu berhasil,” pungkas dia.

Rombongan wartawan saat itu berkesempatan juga menyaksikan demonstrasi latihan yang dilakukan para prajurit Yonif PR 502 berupa mountenering yang meliputi rapling dan free fall serta jungle war (perang hutan).

Mewakili Dispenad, Kolonel Inf Sat Hari Wibowo SH, mengatakan rombongan wartawan ini diajak untuk mengetahui lebih jauh tentang Satuan Yonif PR 502.


Baca juga:

Wow, Ada “Robot Intai Tempur Kota” Hasil Karya Mahasiswa Poltekad

“Di kalangan TNI, banyak yang sudah tahu bahwa Satuan Yonif PR 502 punya karya besar dan luar biasa. Namun, Dunia dan Indonesia masih belum banyak tahu tentang kiprah dan karya besar dari satuan ini. Karena itulah rombongan wartawan ini kami ajak agar karya besar Yonif PR 502 dapat diketahui juga oleh masyarakat,” tandasnya.

Hadir juga pada saat itu Kepala Staf Brigif (Kasbrig) PR 18/Trisula Letkol Inf Erwin Agung didampingi Wakil Komandan Batalyon Infanteri (Wadanyonif) PR 502/UY Mayor Inf Hari Mughni Nagara beserta jajaran Yonif PR 502/UY.

(VICTOR)

JAKARTA CHANNEL TV || OTT KPK Rp 14,5 Milyar baru Permulaan, Selisih Rp 110 ribu perpaket Bansos Kemana | Dr John Palinggi

OTT KPK Rp 14,5 Milyar baru Permulaan, Selisih Rp 110 ribu perpaket Bansos Kemana | Dr John Palinggi

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan