BREAKING NEWS

Peringatan ‘Cancer Day’ 2018, Komunitas Perempuan akan Serukan Deteksi Dini Kanker Dari Lapas Wanita

Konferensi pers, akan digelarnya Peringatan "Cancer Day" di Lapas Wanita, yang diadakan di Ruang Auditorium Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, Jakarta, Rabu, 24 Oktober 2018

INDONESIAVOICE.COM, Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM, Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia, Yayasan Maharani Kirana Pertiwi, dan Allianz Indonesia, akan menggelar ‘Cancer Day’, yang diperingati setiap bulan Oktober, bersama Wanita Kuat di Lapas Wanita, Tangerang, Banten, Sabtu, 27 Oktober 2018.   

Peringatan “Cancer Day” nantinya berupa sosialiasi deteksi dini kanker payudara dengan tema “Untukmu Perempuan Indonesia, Sayangi Payudaramu”.

Dokter Spesialis Bedah Rumah Sakit Mitra Kemayoran, Dr Alfiah Amiruddin, MD, MSurg, mengatakan kanker payudara menempati posisi salah satu prevalensi kanker tertinggi di Indonesia dan menempati posisi ke-10 untuk penyebab kematian terbanyak pada wanita di Indonesia. Dengan jumlah yang sangat tinggi ini, pencegahan menjadi salah satu hal yang perlu disebarluaskan.

“Dengan deteksi dini kanker payudara, maka tingkat kesakitan dapat ditekan dan kematian pun dapat dicegah. Penanganan yang akan dilakukan lebih sederhana dan biaya pun lebih murah. Karena itu, sosialisasi untuk deteksi dini perlu digaungkan ke masyarakat luas,” ujar Alfiah dalam konferensi pers yang diadakan di Ruang Auditorium Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, Jakarta, Rabu, 24 Oktober 2018.

Lebih lanjut Alfiah menjelaskan dipilihnya Lapas Wanita Tangerang menjadi tempat penyelenggaraan karena lapas wanita membina para perempuan Indonesia yang bernasib kurang beruntung.

“Sebagai bentuk kepedulian akan deteksi dini kanker payudara, maka rumah sakit Mitra Keluarga Kemayoran bersama Allianz Indonesia ingin berbagi pengetahuan dan kesempatan untuk melakukan skrining kanker payudara,” imbuh dia.

Sementara Ketua Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia, Indah Suryadharma Ali, memberikan apresiasi kepada RS Mitra Keluarga Kemayoran yang menyediakan sejumlah dana untuk pemeriksaan gratis bagi para penghuni lapas dan petugas Lapas. Karena pemeriksaan dini kanker tidak masuk kebijakan yang ditanggung oleh BPJS.

“Kedepan, diharapkan akan ada keberpihakan dari berbagai elemen masyarakat maupun pemerintah agar pemeriksaan kanker secara dini bisa mudah dan murah atau bahkan gratis,” tukasnya.

Sedangkan Ketua Dharma Wanita Kementerian Hukum dan HAM, Wiwik Bambang Rantam, mengutarakan Kemenhukham telah beberapa kali melakukan kegiatan bakti sosial ke lapas wanita. Namun tidak spesifik tentang kesehatan seperti sosialisasi deteksi dini kanker payudara.

“Perempuan yang ada di Lapas perlu perhatian dan punya hak untuk sehat,” tandasnya.  

Peringatan ‘Cancer Day’ 2018 ini juga dijadikan momen untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda dan HUT Kementerian Hukum dan HAM.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*