BREAKING NEWS

PENGAKUAN VM HALUSINASI SAMPAI NYARIS BUGIL USAI MINUM OBAT INI

INDONESIAVOICE.COM, JAKARTA – Hasil pemeriksaan awal oleh polisi terkait kasus VM, wanita yang nyaris bugil di jalanan, sudah terkuak. Polisi menyebut VM belanja dan jalan kaki dengan kondisi nyaris bugil karena mengalami halusinasi.

“Dia halusinasi, katanya ada yang nuntun ke sana,” kata Kanit Reskrim Polsek Taman Sari Kompol Bintoro di Jakarta, 6 Juni 2017.

Belum diketahui penyebab VM berhalusinasi. Dia sudah dites urine dan dinyatakan negatif narkoba, namun positif menggunakan obat penenang.

“Sudah diperiksa terkait urine oleh Polda Metro Jaya. Hasilnya, untuk positif benzo (benzodiazepine) atau obat penenang, untuk narkoba negatif. Semua narkoba negatif,” kata Kapolsek Taman Sari AKBP Erick Frendriz di kantornya.

Benzodiazepine merupakan jenis obat penenang. Obat ini lazim digunakan oleh pasien gangguan kejiwaan yang mengalami gangguan kecemasan, gangguan panik, kejang-kejang dan insomnia.

Beberapa jenis obat benzodiazepine yang dikenal antara alprazolam, chlordiazepoxide, diazepam, estazolam dan juga triazolam. Masing-masing obat ini memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda.

Alprazolam misalnya, digunakan untuk meredakan serangan panik dan rasa cemas yang dialami pasien gangguan kecemasan. Salah satu merek dagang alprazolam, yakni Xanax, sempat menjadi perhatian karena digunakan oleh aktris Marshanda sebagai obat tidur beberapa waktu yang lalu.

Sementara diazepam yang dijual dengan merek Valium merupakan obat yang memiliki efek sedatif kuat. Diazepam biasa digunakan untuk mengatasi insomnia, kejang-kejang dan juga kecanduan alkohol.

Seluruh obat yang tergolong benzodiazepine merupakan obat keras yang penggunaannya harus dengan resep dokter. Karena tergolong obat, efek samping dari pemakaian benzodiazepine pun cukup bervariasi.

Dilansir Medical News Today, konsumsi benzodiazepine dapat menyebabkan rasa ngantuk, bingung, pusing, hingga kehilangan kemampuan menentukan arah. Dalam tahap berat, konsumsi benzodiazepine dapat menyebabkan gangguan penglihatan, penurunan kesadaran hingga sakit kepala dan gejala depresi.

(ivoice/detik)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*