BREAKING NEWS

Maddin Sihombing, Bupati Humbahas Emeritus, Hadiri Pelantikan Pengurus Pomparan Datu Lobi Sihombing Lumbantoruan Se-Jabodetabek Periode 2018-2023

Maddin Sihombing, Bupati Humbahas Emiritus, (Kanan) dan Sahat Lumbantoruan, Ketum Pengurus Pomparan Datu Lobi Sihombing Lumbantoruan Se-Jabodetabek Periode 2018-2023, (Kiri).

Pesta Parolop-olopon dan Rapot Bolon Punguan Pomparan Datu Ompu Lobi Nasumurung (Datu Lobi) Sihombing Lumbantoruan boru bere Se-Jabodetabek berlangsung meriah dihadiri lebih dari dua ribu orang yang memadati Gedung Mulia Raja, Jakarta, Minggu, (26/8) yang dimulai pukul 09.45 WIB.

Selain dari Jakarta dan Sekitarnya, acara yang berlangsung dari pagi hingga sore hari itu dihadiri juga undangan dari luar daerah, antara lain, Lintongnihuta Humbahas,  Bandung, Sidikalang, Medan, Siantar, Dairi, dan Palembang.

Para tokoh Batak yang hadir, diantaranya, Mantan Bupati Humbang Hasundutan Drs. Maddin Sihombing, MSi,  dan mantan dubes RI Drs. Mangasi Sihombing serta St. Mula Sihombing. Anggota DPR RI Sukur H. Nababan/br. Silaen mendapat lelang ulos dan songket yang diwakilkan kepada Kol. TNI (Purn) Tagor Sihombing, SIP,  MM./br. Sianipar.

Alpa Sihombing dan Pajok Sihombing hadir masing-masing mewakili Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan Jabodetabek dan Punguan Datu Parulas.

Adapun tema acara ini, “Sungguh alangkah baiknya dan indahnya apabila saudara saudara diam dengan rukun” dan subtema “Melalui pesta parolop-olopan tahun 2018, kita tingkatkan kebersamaan dan gotong royong dalam suka dan duka”.

Ibadah syukur kala itu dipimpin oleh Pdt. Benni H. Sihombing STh. Dalam kotbahnya, Pdt. Benni meminta agar keturunan Datu Lobi bersatu hati dan mau mengalahkan ego. Bila tidak bisa mengalahkan ego, tidak mungkin ada kesatuan.

Usai ibadah diadakan rapat bolon yang dipimpin langsung Dewan Adat Pomparan DOLN dengan agenda utama melantik pengurus Pomparan DOLN yang baru periode 2018-2023 yang diketuai Sahat Lumbantoruan.

Sebelumnya, pengurus lama periode 2014-2018 yang dinahkodai Hasan Sihombing/br Siregar melaporkan pertanggungjawaban pengurus dan diterima dengan baik oleh para pimpinan Dewan Adat Pomparan DOLN serta disaksikan dua ribu lebih undangan yang hadir.

Pelantikan pengurus pomparan DOLN 2018-2023 ditandai dengan pemakaian topi adat, penyematan pin, penyerahan tongkat estafet kepimpinan dan bendera pataka organisasi kepada Ketua Umum (Ketum) DOLN 2018-2023 Sahat Lumbantoruan yang diserahkan salah satu Dewan Adat DOLN, Humala P. Sihombing/br Panggabean didampingi St. Rotua Lumbabtoruan, St. Drs. Chrisman Sihombing dan Drs. Ronald M. Sihombing. Ketok palu pelantikan oleh Thurman Sihombing sebagai Ketua Dewan Adat.

Susunan Pengurus Datu Lobi Jakarta dan Sekitarnya Periode 2018-2023, antara lain, Sahat Lumbantoruan/br Panggabean (Ketum), Drs. Monang Sihombing/br Nadeak, SE (Sekretaris Umum), Djalan Sihombing SH/br Sinaga (Sekretaris I), Toruk Sihombing/br. Simbolon (Sekretaris II), Ir Tumpal M Hutajulu/br. Sihombing (Bendahara Umum), Drs Hadiando Rajagukguk/br Lumbantoruan (Bendahara I), dan Immanuel Ambarita SE, MM, MH/br Sihombing (Bendahara II). Sedangkan ketua bidang paradaton dipegang oleh Hasan Sihombing/br. Siregar.

Ketum DOLN 2018-2023, Sahat Lumbantoruan, mengutarakan dalam menjalankan roda organisasi yang kini telah memiliki anggota sekitar 1350 KK ini akan berorientasi mempererat tali persaudaraan baik dalam suka dan duka. “Kita akan mempererat dan mempersatukan punguan ini agar tetap selalu eksis kedepan. Kami mengajak siapapun di punguan ini untuk berbuat demi kemajuan punguan ini kedepan.

Sekretaris panitia, Djalan Sihombing SH, menambahkan peran serta naposo/pemuda Datu Lobi (Datu Lobi Youth Community) dalam acara pesta ini sangat luar biasa. “Ternyata generasi millenial masih memperhatikan dan berperan di budaya Batak. Apresiasi yang tinggi kami ucapkan ke pemuda Datu Lobi,” ujar Djalan, Sekjen Forum Bangso Batak Indonesia ini.

Hal menarik dalam acara tersebut adalah adanya tortor anak-anak yang diikuti lebih dari 150 orang dan tortor remaja dan pemuda diikuti lebih dari 100 orang. Mereka antusias dan bersukaria manortor. Tortor dipandu St. T. Harapan Sihombing dan musik tradisionil group Korem Sihombing.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*